Perbedaan Baking Powder Single Acting dan Double Acting

Perbedaan Baking Powder Single Acting dan Double Acting

Dalam proses membuat kue / roti menggunakan baking powder, kita sering mendengar istilah single acting dan double acting. Sebenarnya apa sih perbedaannya ?

Keluarga Cosmos perlu tau dulu nih mengenai Baking powder yang merupakan salah satu bahan pengembang kue dengan komposisi baking soda, zat asam, dan pati. Teksturnya halus dan berwarna putih. Baking powder sering digunakan untuk kue yang tidak mengandung bahan asam (buttermilk, yogurt, hingga perasan air jeruk).

Kue yang dicampurkan baking powder tidak akan terasa getir karena kandungan asam yang secara otomatis menangkal rasa getir dalam sodium bikarbonat (baking soda) yang terkandung dalam baking powder.

Lalu apa bedanya Single Acting dan Double Acting?

Secara fungsi, single acting memiliki fungsi yang sama dengan double acting yaitu menghasilkan karbondioksida yang berbentuk gelembung-gelembung. Gelembung ini akan muncul dalam adonan sehingga kue bisa mengembang saat dipanggang / dikukus. Perbedaannya adalah pada komposisi.

Single acting dapat diaktifkan dengan zat cair, seperti air, susu, atau lelehan coklat. Baking powder jenis ini mulai memproduksi gelembung-gelembung saat proses mengaduk adonan. Namun, proses produksi gelembung ini tidak berlangsung lama karena single acting cepat mati dalam suhu ruang. Otomatis, proses pembuatan adonan hingga masuk ke dalam oven harus dilakukan secara cepat agar baking powder single acting tetap aktif.

Double acting diaktifkan dengan dua tahap, yakni saat dicampurkan dalam adonan & saat bertemu dengan suhu panas. Double acting mulai memproduksi gelembung saat dicampurkan dalam adonan, namun baking powder jenis double acting tidak akan mati dalam suhu ruang. Sehingga tidak perlu kuatir untuk mendiamkan adonan, membuat banyak kue, atau lupa memanaskan oven karena double acting bisa tetap mengembang.

Perbedaan Baking Powder Single Acting dan Double Acting

Latest Tips

  • Suka masakan yang ditumis? Coba cek postingan ini dan lihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk gunakan frypan Ceraflon by Cosmos CFP-24 MBF, tahan gores, api merata dengan cepat, dan hemat gas. Masak bikin hepi dengan Ceraflon....

  • Masker merupakan salah satu benda yang kini wajib dikenakan saat kita beraktivitas di ruang publik.Swipe gambar untuk tau seberapa efektif masker yang keluarga cosmos gunakan?Menggunakan masker diyakini sebagai salah satu cara yang efektif untuk mencegah penularan virus corona saat ini. Jangan lupa untuk menggunakan masker ya keluarga cosmos ❤️...

  • Mimin ngerasa panas banget belakangan ini deh. Selain kipasan terus pake kipas angin Cosmos Wadesta, ditambah minum es khas nusantara penghilang dahaga kaya enak nih. Berikiut es-es yang mimin tahu. Apa es ciri khas daerah mu? Coba sebutkan di kolom komentar ya ...

  • Cosmos Double Action Sterilizer UVC Light [BERSERTIFIKAT LABORATORIUM]CZR 5035 OZCosmos UVC light merupakan sterilizer menggunakan sinar UltraViolet yang mampu membunuh MIKROBA (VIRUS, KUMAN, dan BAKTERIA) hingga 99,99%.Pertama dan satu-satunya UVC sterilizer bersertifikat lab Indonesia.Cosmos UVC light dengan double action sterilizer, dilengkapi gas ozone yang dapat memaksimalkan proses desinfektan ke semua arah hingga sudut ruangan tersembunyi.Smart sensor pada Cosmos UVC light mampu mendeteksi gerakan sehingga produk otomatis berhenti sementara.Design simple, elegan dan dalam bentuk yg compact, sehingga mudah untuk dipindahkan.· OZONE menyebarkan cahaya ke sudut ruangan· Powerful REMOTE CONTROL· TIMER (15/30/60 Menit)· SENSOR MOTION· Garansi Resmi: 1 Tahun...

  • Parno karena berat badan naik saat setelah WFH? Cosmos kasih alternatif buat kamu yang ingin mengganti nasi nih. Tentunya juga yang murah meriah ya. Yuk simak informasinya!...

  • Ternyata paprika memiliki banyak kandungan vitamin C dan A loh keluarga cosmos. Olahan makanan apa yang keluarga cosmos buat dari bahan paprika? Share di kolom komentar yuk!...

 8,832 total views,  20 views today

Share this:


WhatsApp Hotline Konsumen
X